Sabtu, 27 Oktober 2012

Anak Ririh


Ada sebuah cerita bali yang berjudul anak Ririh .Pada suatu hari Pan karsa dan anak laki lakinya membuat sumur di samping jalan besar dan akan mendapatkan uang. Mereka membuat sumur dari pagi sampai sore tidak pernah istirahat agar pekerjaannya cepat selesai dan mendapatkan gaji. Tiga hari mereka berkerja tanpa istirahat dan sumurnya pun sudah dalam dan hampir selesai. Namun pada malamnya terjadi hujan. Semalaman pan karsa tidak bisa tidur memikirkan perkerjaannya. Takut sumurnya penuh dengan tanah. Hari berikutnya mereka melihat sumurnya sambil membawa cangkul.

Benar, sumurnya penuh dengan tanah. Anaknya sedih melihat sumurnya itu.pan karsa juga sedih. Merekapun berpikir untuk membuat pekerjaannya menjadi mudah. pan karsa berkata kepada anaknya “hemzz anaku, jangan kamu susah, sebentar lagi tanahnya akan hilang .”Dan pan karsa menggantungkan bajunya dan topinya di dekat sumurnya. Anaknya juga mengikuti tingkah bapaknya dan cngkulnya ditancapkan ditanah yang telah menimbun sumurnya.  Mereka  meninggalkan alat alatnya dan bersembunyi. Selanjutnya, orang yang melintas melihat alat alatnya pan karsa dan yang punya tidak ada. Masyarakat mencarinya, namun mereka tidak ada. Sudah lama mereka mencarinya dan mereka berpikir bahwa pan karsa dan anaknya telah terkubur di sumur. Sehingga mereka menggali sumur itu dan sampai dalam seperti kemarin. Disana kemudian Pan Karsa berlari dan berkata kepada masyarakat“ok, terima ksaih atas kerjasamanya yang telah membantu saya
menggali sumurnya”
Demikianlah ceritanya dan kita hidup janganlah penuh dengan kecurangan,jika kita punya susah kita harus meminta bantuan kepada yang bersangkutan.


1 komentar:

  1. Play FREE Online Game For Fun With $1410! - Choeomachine
    Play FREE Online Game For Fun With $1410 & Up Free (No Sign-Up Required) - 파라오카지노 Because We are Leaders. We are 토토카지노사이트 Leaders.

    BalasHapus